Ketika memakai metode pembelajaran kurikulum 2013 kita dituntut untuk memakai langkah-langkah pendekatan ilmiah atau sientifik, salah satu rangkaian kiprah guru yang harus kita gunakan dalam proses berguru mengajar yaitu melaksanakan ekplorasi atau mengumpulkan informasi, tahap ekplorasi ini yaitu lanjutan dari tahap menanya yang berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan oleh para siswa di tahap sebelumnya.
Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi intinya yaitu penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, jikalau tujuannya yaitu ingin mengenal suatu tempat maka implementasi ekplorasi yaitu menjelajah tempat yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan tempat tersebut, begitu juga jikalau ekplorasi tujuannya yaitu ingin mengetahui ihwal suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari aneka macam referensi.
Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen yaitu menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan isu melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Kegiatan guru dan penerima didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a. Peserta didik
b. Guru
Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa yaitu ihwal instalasi komputer memakai sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapat banyak tumpuan ihwal isu untuk melaksanakan instalasi window, guru bisa menawarkan aba-aba kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga jadinya siswa bisa memahami dari sisi teori dan juga praktek.
Guru menawarkan arahaan mengenai isu yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan isu lainnya yang berkaitan dengan instalasi.
Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca aneka macam tumpuan yang berkaitan dan lainnya.
Jika siwa bisa mengumpulan isu yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa eksklusif melaksanakan ekperimen, mendapat kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.
Inti dari ekplorasi yaitu mengumpulkan isu yang diharapkan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. jikalau tujuannya yaitu siswa harus bisa melaksanakan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari aneka macam tumpuan dan melaksanakan praktek.
Setelah ekplorasi dicapai sanggup dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Sumber http://referensisiswa.blogspot.com/
Ada banyak sekali definisi dari ekplorasi dan pengertian ekplorasi intinya yaitu penjelajahan atau pencarian atau tindakan mencari dengan tujuan untuk menemukan sesuatu, namun implementasinya atau penerapannya bisa berbeda-beda tergantung dari tujuannya, jikalau tujuannya yaitu ingin mengenal suatu tempat maka implementasi ekplorasi yaitu menjelajah tempat yang dimaksud sehingga mengenal segala hal yang berkaitan dengan tempat tersebut, begitu juga jikalau ekplorasi tujuannya yaitu ingin mengetahui ihwal suatu hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maka ekplorasi bisa melalui eksperiment, membaca dan mencari aneka macam referensi.
Pengertian Ekplorasi atau mengumpulkan informasi
berdasarkan wikipedia pengertian ekplorasi jikalau dikaitkan dengan pendekatan saintifik yaitu Mengumpulkan informasi/eksperimen bisa melalui membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber. Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen yaitu menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan isu melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.Cara menerapkan Proses Ekplorasi dalam kegiatan berguru mengajar
Dalam kegiatan berguru mengajar yang melibatkan guru dan siswa, eksplorasi yaitu proses mencari dan menghimpun isu bisa berupa eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, dan wawancara dengan narasumber.Kompetensi yang dikembangkan dalam proses mengumpulkan informasi/ eksperimen yaitu menyebarkan perilaku teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan isu melalui aneka macam cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Kegiatan guru dan penerima didik dalam siklus eksplorasi adalah:
a. Peserta didik
- Membentuk kelompok kecil dan bersama sobat kelompoknya, kemudian menelusuri isu yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
- Mengali isu melalui membaca, berdiskusi atau melaksanakan percobaan (eksperimen)
- Mengumpulkan dan mengolah data
b. Guru
- Memberi umpan balik kasatmata kepada penerima didik
- Memberi konfirmasi melalui aneka macam sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- Berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- Menggunakan aneka macam macam pendekatan atau media pembelajaran
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antara penerima didik dengan guru, penerima didik dengan penerima didik lainnya maupun penerima didik dengan sumber belajar, menyerupai buku internet dan sumber berguru lainnya.
- Melibatkan penerima didik secara aktif
- Guru menawarkan bahan dan klarifikasi kepada siswa yang berkaitan dengan perkara yang sedang dipelajari
- Guru menawarkan kiprah kesiswa untuk mendapat tumpuan yang sanggup menawarkan solusi terhadap perkara yang sedang dipelajari.
Contoh Kasus:
Jika Kasus yang sedang dipelajari siswa yaitu ihwal instalasi komputer memakai sistem operasi window, maka siswa harus bisa mengekplorasi dengan mencari dan mendapat banyak tumpuan ihwal isu untuk melaksanakan instalasi window, guru bisa menawarkan aba-aba kepada siswa apa saja yang harus dipersiapkan dan dipelakari, sehingga jadinya siswa bisa memahami dari sisi teori dan juga praktek.
Guru menawarkan arahaan mengenai isu yang harus didapatkan oleh sisiwa
1. Siswa harus memahami apa itu instalasi manfaat dan tujuannya
2. Persiapan instalasi.
3. Mengenal hardware komputer yang berkaitan dengan instalasi
4. Syarat dan Langkah-langkah instalasi
5. dan isu lainnya yang berkaitan dengan instalasi.
Informasi yang harus siswa dapatkan untuk tujuan instalasi, bisa disampaikan oleh guru, mencari sendiri di internet membaca aneka macam tumpuan yang berkaitan dan lainnya.
Jika siwa bisa mengumpulan isu yang mereka butuhkan untuk tujuan instalasi windwow, siswa bisa eksklusif melaksanakan ekperimen, mendapat kesimpulan dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka dapatkan.
Inti dari ekplorasi yaitu mengumpulkan isu yang diharapkan untuk diolah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. jikalau tujuannya yaitu siswa harus bisa melaksanakan instalasi window, maka ekplorasi bisa dilakukan dengan cara mencari aneka macam tumpuan dan melaksanakan praktek.
Setelah ekplorasi dicapai sanggup dlanjutkan ke rangkaian pembelajaran berikutnya yaitu mengolah informasi atau mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Sumber http://referensisiswa.blogspot.com/