Senin, 06 Juni 2016

Konteks Manejemen Proyek Dan Resiko

Ketika jumlah dan tingkat kerumitan proyek terus berkembang, maka administrasi proyek itu harus semakin perlu dipraktekan untuk membiasakan diri menghadapi persoalan – persoalan maupun kerumitan yang ditemui. Sehingga tingkat kerumitan yang menjadi beban, usang – usang akan berkurang.
Manajer proyek yang sukses harus mempunyai dan menyebarkan banyak ketrampilan dan memimpin tim mereka melalui praktek langsung. Proyek mempunyai beberapa atribut, ibarat bersifat unik, sementara dan dikembangkan secara incremental. Sebuah kerangka untuk administrasi proyek termasuk stakeholder, sembilan bidang pengetahuan, tools dan teknik, dan membuat portofolio proyek untuk menjamin kesuksesan perusahaan.
Lihat Selengkapnya

Stakeholder
Stakeholder yaitu orang-orang yang terkait dalam kegiatan proyek dan setiap stakeholder mempunyai janji untuk bekerja secara professional dan bertanggung jawab dalam setiap administrasi proyek kerja. Stakeholder termasuk tim proyek, manajer proyek, sponsor proyek, maupun user (pengguna).

Faktor Kesuksesan Proyek
Kesuksesan seseorang tidak akan lepas dari lingkungan sekitarnya ibarat dukungan, infrastruktur,tujuan bisnis yang terperinci dan manajer yang tentunya berpengalaman.
Beberapa Fungsi Kerja Manajemen Proyek :
1. Mendefinisikan ruang lingkup proyek
2. Mengidentifikasikan stakeholder dan membuat keputusan
3. Mengembangkan daftar kiprah mendetail
4. Memperkirakan kebutuhan waktu
5. Mengembangkan flowchart administrasi proyek
6. Mengindetifikasikan SDM berikut anggaran yang dibutuhkan
7. Mengevaluasi kebutuhan proyek

Keahlian Seorang Manajer Proyek
Seorang manajer proyek harus mempunyai keterampilan yang luas hardskill maupun softskillnya.
Keahlian yang disarankan yaitu :
1. Keterampilan berkomunikasi yang baik dan cekatan.
2. Keahlian dalam berorganisasi sehingga sanggup membuat rencana dan menganalisis masalah.
3. Keterampilan team-building untuk memotivasi dan bekerja sama pada tim proyeknya.
4. Keterampilan teknologi
5. Keterampilan pembiasaan diri yaitu fleksibel, kreatif, sabar serta pantang menyerah.
6. Keterampilan kepemimpinan semoga memperlihatkan visi yang besar untuk tujuan proyek tsb.

Berikut yaitu karakteristik dari manajer proyek yang efektif dan tidak efektif :
Effective project manager
.Visioner
.Kompeten
.Motivator yang baik
.Mendukung anggota tim
.Membuat pandangan gres – pandangan gres baru
Ineffective project manager
.Minder
.Motivator yang buruk
.Tidak Kompeten
.Komunikator yang buruk



Sumber http://ronald-koeman.blogspot.com/