Google populer kerap memanfaatkan kumpulan data kebiasaan pengguna, preferensi dan data pencarian untuk menawarkan iklan personalisasi melalui kegiatan AdWords dan AdSense-nya. Salah satu sumber data ini, yang sering dikhawatirkan oleh banyak penggemar privasi yaitu akun Gmail Anda, Google akan memindai email supaya sanggup mengidentifikasi selera Anda dengan lebih baik.
Untungnya semua itu akan segera berakhir sekitar tahun ini. Diana Greene, Wapres Senior Google Cloud, menjelaskan dalam posting blognya, "Konten Gmail tidak akan dipakai atau dipindai untuk personalisasi iklan sehabis perubahan ini. Keputusan ini membawa iklan Gmail sesuai dengan mempersonalisasi iklan untuk yang lain".
Tentu saja, Google masih mempunyai satu ton data mengenai penggunannya dari sumber lain dan kemungkinan juga akan menyimpan data yang telah dikumpulkan dari akun email Anda sebelumnya, namun langkah ini sanggup mengabaikan beberapa duduk perkara privasi ketika kami beralih ke masa yang akan datang.
Greene juga mengungkapkan bahwa jumlah pengguna Gmail aktif telah meningkat sebesar 200juta semenjak tahun lalu.