Tautan balik ialah tautan masuk ke situs web atau laman web. Mereka juga biasa disebut sebagai incoming link, inbound link, inlinks dan inward links.
Mengapa backlink begitu penting?
Backlinks ialah faktor yang paling penting untuk memilih peringkat mesin pencari situs web. Jumlah backlink merupakan indikasi popularitas - link itu sendiri identik dengan suara.
Situs web dengan bunyi paling banyak ialah yang paling penting, dan situs web ini berperingkat lebih tinggi pada kueri penelusuran organik di Google, Yahoo !, Bing dan mesin telusur lainnya.
Backlink itu sendiri harus memenuhi beberapa kriteria. Tautan harus ditempatkan pada halaman yang relevan yang mempunyai peringkat mesin pencari yang bagus.
Selain itu, mesin pencari tidak hanya peduli dengan jumlah backlink, tapi bagaimana link tersebut tercapai.
Jika situs web membangun terlalu banyak tautan balik dalam waktu satu bulan, contohnya alasannya ialah mereka memakai layanan pembelian backlink, maka mesin pencari sanggup mendiskreditkan tautan ini dan pentingnya situs web alasannya ialah tautan balik tidak dibentuk secara organik.
Untuk alasan ini, kualitas backlink lebih penting daripada jumlah link.
Salah satu taktik terbaik untuk meraih lebih banyak backlink ialah taktik membangun link geometris yang mengharuskan sebuah website untuk secara sedikit demi sedikit membangun backlink dari waktu ke waktu.
Tercantum di bawah ini ialah sepuluh cara terbaik untuk mendapat lebih banyak tautan balik guna meningkatkan keseluruhan peringkat halaman web dan SEO.
1. Direktori Website
Kirimkan informasi perusahaan dan URL situs web ke direktori online.
Situs ini biasanya memperlihatkan dua pilihan: pengguna sanggup mengirimkan informasi dasar secara gratis, atau membuat daftar yang disempurnakan dengan biaya bulanan atau tahunan yang rendah.
2. Direktori RSS
Kirimkan feed ke blog dan situs perusahaan ke Direktori RSS (Really Simple Syndication) secara gratis atau dengan biaya tertentu.
Pengunjung direktori sanggup menjelajahi blog dan artikel di industri dan ceruk tertentu.
3. Situs Distribusi Siaran Pers
Kirim artikel isu dan siaran pers ke situs distribusi isu gratis dan / atau berbayar.
Bergantung pada situs web, layanan sanggup meliputi penyebaran artikel ke setiap situs isu utama dan mesin pencari di web, dan mengatakan analisis terang ihwal siaran pers.
4. Artikel Pemasaran / Situs Direktori Artikel
Poskan artikel dan konten lainnya ke situs ini untuk lebih banyak eksposur, dapat dipercaya dan kemudian lintas yang ditargetkan.
Keanggotaan biasanya diharapkan (gratis atau dengan harga tertentu).
5. Bangun Blog Perusahaan
Buat blog perusahaan (jika belum ada) dan buat lebih banyak konten dan posting. Ini akan meningkatkan probabilitas artikel yang akan diulangi.
Juga, individu-individu terkemuka sanggup diwawancarai untuk membangun pembaca.
6. Blog / Forum Mengomentari
Komentar di blog dan lembaga yang relevan dengan niche dan mempunyai peringkat halaman yang bagus. Tambahkan backlink di signature line.
Pastikan bahwa situs web mengizinkan pengeposan URL di komentar.
7. Guest Blogging
Tawarkan untuk menulis konten gratis untuk situs web yang relevan dengan industri. Sebagai gantinya, tambahkan backlink di byline artikel.
8. Situs Social Bookmarking
Manfaatkan bookmark yang mereferensikan dan bagikan sumber online di media umum dan situs bookmark lainnya.
Komunitas ini memungkinkan orang untuk menemukan dan menyebarkan konten yang relevan dengan minat mereka.
9. Testimonial
Tulis testimonial untuk klien, pemasok dan kolaborator lainnya dan mintalah mereka untuk mengirimkannya ke situs web mereka.
10. Joint Ventures / Partnerships
Minta teman, kenalan, kawan dan sejenisnya untuk mengirim URL backlink ke halaman web mereka. Pastikan untuk memperlihatkan untuk membalas kebaikan.
Secara kolektif, sepuluh rekomendasi ini akan membuat taktik membangun backlink yang efisien dan efektif.
Penting untuk membedakan link; gunakan tautan dalam yang mengarah ke laman lain di situs web selain di beranda.
Konsep takeaway yang paling penting ialah kualitas beats quantity. Buat backlink yang relevan dengan industri atau niche. Dalam jangka panjang ini akan mendongkrak peringkat mesin pencari.