Selasa, 04 September 2018

Kenapa Pentingnya Belajar Coding?


– Belajar pemrograman atau disebut dengan coding merupakan sesuatu yang sangat penting? Kalian menganggap bahwa belajar pemrograman itu merupakan sesuatu hal yang seram. Kenapa seram? Karena ada baris-baris kode yang rumit bahkan selalu itulah yang kalian anggap sebagai sesuatu hal yang nyeremin. Mungkin kalau bagi orang awam yang “buta” akan hal pemrograman menganggapnya demikian, bahkan hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Tetapi, bagi orang yang sudah menyicipi dan merasakan belajar pemrograman pasti merasakan manfaat dari belajar pemrograman. Apa aja itu?

 Belajar pemrograman atau disebut dengan coding merupakan sesuatu yang sangat penting Kenapa Pentingnya Belajar Coding?

1. Melatih Logika
Dengan kita belajar pemrograman, otomatis kita akan belajar logika. Dalam programming, kita diajarkan gimana sebuah program dapat menampilkan output seperti yang kita inginkan dan kita dituntut untuk berpikir pake logika kita supaya program yang kita buat nantinya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

2. Mendapatkan Berbagai Macam Ilmu
Selain kita belajar bahasa pemrograman, kita juga akan mempelajari kasus yang akan diterapkan ke dalam program. Sehingga mau tidak mau kita harus mempelajari ilmu baru sesuai dengan kasus yang akan diselesaikan. Secara tidak sadar, seorang programmer mempelajari banyak ilmu.

3. Problem Solving
Dalam programming, tidak selamanya kode program yang kita buat akan berjalan dengan lancar, bisa jadi terdapat beberapa permasalahan (error). Nah, pada bagian tersebut kita dituntut untuk menyelesaikan permasalahan itu sehingga menjadikan program berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dalam hal ini, kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, apabila program kita error, pasti yang kita lakukan adalah mencari baris kode yang error lalu memperbaikinya. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari. Semisal kita melakukan kesalahan, maka kita harus berbenah diri dan instropeksi diri, melihat apa saja kesalahan yang pernah kita lakukan, kemudian kita memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik lagi.

4. Melatih Kesabaran
Misal nih, program kita error, yang kita lakukan pasti adalah mencari permasalahan tersebut lalu memperbaikinya. Tapi terkadang, setiap kali kita mencoba memperbaiki, pasti error melulu. Nah, dari kejadian tersebut kita dituntut untuk sabar, cobalah untuk tenang dan berpikir sejenak hingga kita bisa menemukan problem solving-nya. Dalam kehidupan sehari-hari pun juga demikian. Apabila kita melakukan sesuatu namun ternyata tidak sesuai yang kita harapkan, maka bersabarlah dan tetap bersikap tenang.

5. Terlatih Mengetik Cepat
Tentunya kita harus mengetik pada keyboard dalam programming. Secara tak langsung, kita juga terbiasa untuk mengetik. Mungkin yang sebelumnya mengetik dengan jari satu per satu, karena sudah terbiasa mengetik program membuat kita semakin cepat dan lihai dalam mengetik pada keyboard. Walaupun tidak serta merta langsung cepat menggunakan 10 jari, akan tetapi paling tidak kecepatan dan kelihaian dalam mengetik akan bertambah.

6. Terlihat Keren
Kenapa terlihat keren? Bukan karena kegantengan atau kecantikan yang kita miliki, bukan juga karena baju yang kita pakai. Tetapi seseorang yang bisa pemrograman memiliki nilai tambah yang membuat banyak orang melihat bahwa programmer terlihat keren karena dianggap bisa membuat sesuatu dengan segala macam kerumitan yang ada.

Mungkin itu pentingnya belajar coding setiap usaha membutuhkan waktu yang lama seorang jeniuspun memerlukan waktu yang lama buat memecahkan masalah. Semoga terinspirasi.


Sumber https://www.nichandesign.web.id/