Senin, 17 September 2018

Penyebab Belahan Pengering Mesin Basuh Lambat Hingga Tidak Berputar

Memiliki mesin basuh memanglah menyenangkan, sebab sanggup mempermudah pekerjaan mencuci yang biasa dikerjakan secara manual dengan tangan. Selain sanggup mencuci sendiri, Ternyata pada mesin dua tabung dengan bukaan atas terdapat tabung yang berfungsi untuk memeras pakaian yang sudah dicuci dan dibilas untuk lalu dijemur.

Bagian mesin ini disebut Spin, pakaian yang dimasukkan ke dalam tabung ini akan berkurang kadar airnya sehabis diputar dengan kecepatan ttertentu sehingga mempercepat pengeringan ketika pakaian dijemur.

Akibat pemakaian, maka usang kelamaan potongan pegering ini akan berkurang kemampuan daya putarnya. Seperti pada Mesin Cuci Sharp yang saya miliki. Pada awalnya, potongan tabung pengering berputar normal namun usang kelamaan menjadi melambat bahkan berhenti sama sekali.

Untuk memastikan penyebab kerusakan ini, maka Mesin cucipun saya bongkar sampai diketahui penyebabnya. Berikut ini tahap-tahan cara memperbaiki mesin basuh yang rusak potongan tabung pengeringya, silahkan disimak semoga bermanfaat:


1. Membuka Tutup Bagian Belakang Mesin Cuci.
Memiliki mesin basuh memanglah menyenangkan Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar
Membuka Tutup Belakang Mesin Cuci
Pertama-tama longgarkan seluruh baud/mur yang ada di potongan epilog belakang mesin, lalu lepas penutupnya.


2. Mengecek Kapasitor
Memiliki mesin basuh memanglah menyenangkan Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar
Mengukur kapasitor
Kapasitor yaitu potongan komponen yang berfungsi memilih kecepatan motor yang menggerakkan tabung Spin. Bila kapasitor lemah atau rusak maka motor pengering akan melambat bahkan tidak berputar sama sekali. Ukurlah kapasitor memakai alat ukur Farad yang sesuai, lebih baik lagi jika memakai alat ukur digital supaya lebih akurat. Ukuran kapasitor harus sesuai dengan yang tertera di potongan bodi kapasitor. Bila kapasitir sudah tidak sesuai lagi ukuran faradnya maka harus diganti dengan yang baru.


3. Mengecek Motor Penggerak Spin
Memiliki mesin basuh memanglah menyenangkan Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar
Mengukur kabel motor mesin pengering
Dalam sebuah motor pencetus mesin spin Sharp, terdapat dua lilitan yang masing-masing mempunyai kabel tersendiri. Lilitan atau Spull ini berfunggi menggerakan motor, ukurlah dengan Ohm meter. Motor dalam keadaan normal jika kedua lilitan tersambung. Namun jika salah satu atau keduanya tidak tersambung / putus berarti lilitan terputus/terbakar. Bila kerusakan terjadi pada potongan ini, maka motor pencetus spin harus diganti baru, dipasaran hatrga motor pengering mesin basuh berkisar di angka 200 ribu sampai 250 ribu saja.

Demikianlah hal hal yang berafiliasi dengan "Penyebab Bagian Pengering Mesin Cuci Lambat Sampai Tidak Berputar", semoga sanggup berkhasiat bagi pambaca.