Kamis, 06 September 2018

Tipe-Tipe Komputasi Parallel Processing

Parallel processing yaitu penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah kegiatan secara simultan. Parallel processing menciptakan kegiatan berjalan lebih cepat alasannya yaitu semakin banyak CPU yang digunakan.

 Parallel processing yaitu penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah progr Tipe-Tipe Komputasi Parallel Processing
Parallel Processing


Adapun proses kerja , pemrosesan paralel membagi beban kerja dan mendistribusikannya pada komputer-komputer lain yang terdapat dalam sistem untuk menuntaskan suatu masalah. Sistem yang akan dibangun akan tidak akan memakai komputer yang didesikasikan secara khusus untuk keperluan pemrosesan paralel melainkan memakai komputer yang telah ada. Artinya, sistem ini nantinya akan terdiri dari sejumlah komputer dengan spesifikasi berbeda yang akan berafiliasi untuk menuntaskan suatu masalah.

Adapun tipe-tipe Paralelisme yaitu sebagai berikut :

Result Paralelisme yang sering disebut sebagai Embarrassingly Parallel atau Perfect Paralel yaitu tipe paralelisme dimana komputasinya sanggup dibagi menjadi beberapa kiprah independen yang memiliki struktur sama. Data struktur suatu kiprah dibagi menjadi beberapa bab yang berstruktur sama. Contoh kiprah yang sanggup diselesaikan dengan Result Parallelism yaitu Simulasi Montecarlo.

Specialist Parallelisme yaitu cara kerja  dengan mengerjakan beberapa kiprah secara bersamaan pada prosesor yang berbeda . Setiap komputer mengerjakan kiprah tertentu. Contohnya penggunaanya yaitu pada simulasi pabrik kimia, satu prosesor mensimulasikan proses sebelum reaksi kimia, satu prosesor mensimulasikan reaksi pada tahap awal, dan prosesor lainnya mensimulasikan proses penyulingan hasil, dan seterusnya.

Baca Juga : Komputasi Parallel Pemrosesan Terdistribusi

Agenda Paralelisme tipe paralelisme ini memiliki daftar yang harus dikerjakan oleh sistem komputer . Semua komputer yang terdapat pada sistem sanggup mengakses daftar tersebut. Pada Model MW (Manager Worker) terdapat pengelompokan komputer menjadi dua yaitu :

Manager : bertugas memulai perhitungan, memonitor kemajuan tugas, melayani seruan worker. User berkomunikasi dengan sistem komputer melalui komputer yang berfungsi sebagai manager ini.

Worker : mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh manager. Kerja komputer ini dimulai sesudah ada perintah dari manager dan diakhiri oleh manager.

Pesan Terdistribusi dan Lingkungan Pemrograman (Distributed Messaging and Programming Enviroment) hubungannya dengan pemrosesan paralel ialah pesan sebagai sesuatu ( objek ) pada pemrosesan itu sendiri sehingga kita harus mendeskripsikan pesan ( message ) itu .