Selasa, 02 Oktober 2018

Pengertian Komputer


Definisi Komputer

Istilah Komputer paling sederhana ialah Mesin Hitung elektronik cepat yang mendapatkan informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar arahan yang tersimpan secara internal dan mengatakan informasi atau sebagai ouput/hasil. (Carl Hamacher, Zvonko Vranesic dan Safwat Zaky)



Semua komputer mempunyai 4 fungsi:

  • Pengolahan data - Data processing : manipulasi data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi, sedangkan informasi ialah hasil dari kegiatan-kegiatan pengolahan data yang mengatakan bentuk yang lebih berarti dari suatu aktivitas atau peristiwa.
  • Penyimpanan data - Data storage : berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Penyimpanan data komputer menyediakan salah satu tiga fungsi inti dari komputer modern, yakni mempertahankan informasi. Ia merupakan salah satu komponen mendasar yang terdapat di dalam semua komputer modern, dan mempunyai keterkaitan dengan mikroprosesor, dan menjadi model komputer yang digunakan sejak 1940-an.
  • Pemindahan data - Data movement : mengirim atau mendapatkan data dari komputer satu ke komputer lainnya, biar proses pengolahan data biar lebih mudah.
  • Kendali - Control : di kerjakan oleh seseorang dengan memasukkan perintah-perintah ke dalam sistem komputer, kemudian komputer akan mengerjakan sesuai dengan perintah-perintah yang telah di input oleh manusia.

Tipe-Tipe Komputer

Tipe Komputer sangat bervariasi dalam hal :
  1. Ukuran
  2. Biaya
  3. Daya Komputasi
  4. Tujuan Penggunaan
Tipe Komputer menurut Tujuan Penggunaannya yaitu :
  • Personal Komputer : banyak digunakan di rumah-rumah, sekolah-sekolah dan kantor-kantor dan bisnis. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer dekstop.
  • Dekstop Komputer : memilki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan Unit Output audio, dan keyboard yang sanggup ditempatkan secara gampang dimeja rumah dan Kantor.
  • Netbook / Laptop : versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponen paketnya dalam unit tunggal Seukuran koper tipis.
  • Komputer Server : komputer yang menunjukkan suatu layanan tertentu kepada komputer atau jaringan lain. Salah satu jenis server ialah file server(server file), server file menyediakan layanan penyimpanan dan inovasi kembali (retrieval) file-file.
  • Workstation : Dengan Kemampuan input/output grafis resolusi tinggi, sekalipun masih tetap menggunakan dimensi komputer dekstop, namun mempunyai daya komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer.
  • Personal Digital Asisstant (PDA) : sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta sanggup dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir langsung pada awalnya, tetapi alasannya ialah perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, menyerupai kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, akseptor dan pengirim surat elektronik (e-mail), akseptor radio, perekam video, dan pencatat memo.
  • MainFrame Komputer : komputer yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal menyerupai sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.
  • Super Komputer : komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya.
  • Wearable Komputer : teknologi komputer yang bisa digunakan layaknya pakaian dan atau melekat di badan pemakainya.

Sumber http://saber-team.blogspot.com/